Day 8 : Music, Healing, and Life

The Power of Music, music can change or even save your life. I think we’re all agree for this statement. Musik sebagaimana karya seni pada umumnya membuat kita sebagai manusia dapat memahami kehidupan dengan perspektif keindahan yang dibawa melalui instrumen dan lirik. Beberapa musisi yang saya ikuti, seringnya kesulitan untuk menyampaikan perasaan nya selain melalui musik. Well, that’s the power of music.

Saya selalu percaya kekuatan dari sebuah musik yang dapat mengubah sudut pandang kita dalam menghadapi suatu masalah. Pemahaman saya tentang musik memang sedikit personal. Ketika saya mengalami salah satu kegagalan dalam masa sekolah saya, keputusasaan saya membawa ke suatu tempat. Kemudian saya mendengar lagu fix you dari coldplay diputar di tempat itu.

When you try your best but you don’t succeed
When you get what you want but not what you need
When you feel so tired but you can’t sleep
Stuck in reverse

Sebegitu kuat instrumen dan lirik yang membuat saya tersadar bahwa kegagalan adalah proses dari kehidupan. Mungkin kisah ini bukanlah hal yang dapat kalian pahami. Karena kekuatan dan magis dari musik harus dirasakan sendiri secara personal dan bukan dari mendengar pengalaman personal dari orang lain. Tapi saya percaya ada satu lagu yang menyelamatkan dirimu dari kegelapan dunia.

Musik dapat membantu kita untuk memahami berbagai bentuk emosi yang kita rasakan yang mungkin sulit untuk dipahami untuk beberapa orang. Bahkan lebih dari itu, musik dapat menyatukan kita yang berbeda sudut pandang. That’s the universal language of music. Salah satu bahasa yang bisa menyatukan perbedaan yang kita miliki, dan dapat memahami satu bahasa musik.

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

Saya yakin, sebagian besar dari kita memahami pentingnya kehadiran musik di berbagai bidang seperti pendidikan ataupun sosial. Keseimbangan yang ditawarkan oleh musik, untuk memahami persoalan berdasarkan emosional dan logika sepertinya tidak ditemukan di karya seni lainnya. Pembuatan dari musik sendiri tidak semata mata dari emosi yang diciptakan melainkan pikiran dan pembelajaran yang dapat terjadi selama bertahun tahun.

Saya sering mendengar kisah pasien koma yang terbangun karena mendengar musik kesukaannya diputar. Jadi, saya pikir menyebut musik sebagai suatu hal yang menyelamatkan hidup saya tidak berlebihan. Secara personal, saya tidak mengetahui apa yang akan terjadi apabila tidak ada lagu coldplay diputar di masa kelam itu. Saya mendengar musik dari dulu namun saya baru merasakan bagaimana musik menyelamatkan diri saya ialah pada masa itu sendiri.

Musik sebagaimana bentuk dari karya seni lainnya memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Bagi diri saya sendiri, musik lah yang kala itu memperbaiki diri saya sendiri, untuk tidak menyerah. Dan tentu saja meneruskan kehidupan. Kekuatan dari sebuah musik akan berbeda berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh kalian. Tapi kita semua sepakat musik adalah bahasa yang menyatukan kita. Keseimbangan yang ditawarkan oleh musik membantu kita untuk sedikit rehat dan memahami kehidupan dari sudut pandang berbeda.

Written by

An amateur storyteller and featured enthusiast

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store